KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa karena, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan Makalah
Penelitian Sosial ini dengan baik.
Makalah ini berisikan tentang Pengertian Media
Sosial dan Remaja, Ciri-ciri Media Sosial, Pertumbuhan Media Sosial, Peran
dan Fungsi Media Sosial, Kelebihan Media Sosial,
Fungsi Media Sosial, Batasan Usia Remaja, Tahap-tahap Remaja, Ciri-ciri
Perkembangan Remaja, Deskripsi Data Dalam Bentuk Tabel, Hasil Data, Kesimpulan
Angket, Pengaruh Negatif dan Pengaruh Positif Media Sosial, dan Batasan-batasan
Remaja terhadap Media Sosial.
Kami
juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
menyelesaikan Makalah Penelitian Sosial ini. Tentunya, kami mengharapkan kritik
dan saran Bapak/Ibu Guru demi menyempurnakan tugas ini. Dan kami berharap tugas
ini dapat bermanfaat bagi para pembaca maupun penulis.
Surabaya, 9 Januari 2017
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Di era globalisasi, perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih, penyebaran informasi serta
akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Internet
merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi buatan manusia. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya
adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial
merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang
memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna
yang lain dalam skala yang besar. Situs jejaring sosial di internet
bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak
diikuti remaja jaman sekarang adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path,
Tumblr, dan situs jejaring sosial yang lainnya.
Dengan situs jejaring ini kita
dapat memperluas pertemanan secara kekerabatan maupun dengan masyarakat luas,
bukan hanya dalam ruang lingkup lingkungan tempat tinggal saja tetapi dari
berbagai macam kalangan lingkungan maupun status sosial. Hal tersebut menjadi
suatu kaharusan bagi remaja untuk memilikinya. Media sosial bagi para remaja
merupakan hal yang penting tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang
mernarik tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup. Banyak pelajar
yang tidak ingin dianggap jadul karena tidak memiliki akun media sosial.
Media sosial bagi para pelajar biasanya di gunakan untuk mengekspresikan
diri, berbagai segala tentang dirinya kepada banyak orang terutama teman-teman
dan media sosial juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menghasilkan uang.
Kini sosial media sudah menjadi
faktor penting interaksi bagi manusia. Namun dengan adanya media sosial ini,
menjadikan seseorang terlalu terbuka akan dirinnyadihadapan orang lain ataupun
dengan orang yang belum dikenalnya, khususnya para kaum remaja. Ditambah lagi
dengan munculnya smartphone yang menyediakan kebebasan bersosial media dan
provider yang menyediakan murahnya layanan sosial media. Hal ini jelas
mengakibatkan remaja melupakan akan batasan-batasan pergaulan yang seharusnya
mereka ketahui. Besarnya dampak media sosial tidak hanya memberikan dampak
postif tetapi juga memberikan dampak negatif kepada manusia terutama dampaknya
bagi interaksi sesama manusia yang saat ini telah di pengaruhi media sosial.
Media sosial sedikit demi sedikit membawa kita ke suatu pola budaya yang baru
dan mulai menentukan pola pikir kita. Media sosial dapat membuat seseorang
menjadi ketergantungan terhadap media sosial.
B.
Rumusan
Masalah
Dari
uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu:
1.
Bagaimana
pengaruh media sosial bagi remaja?
2.
Apa
saja batasan-batasan yang harus dilakukan remaja terhadap media sosial?
C.
Tujuan
Penelitian
Secara terperinci, tujuan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Mengetahui
bagaimana pengaruh media sosial bagi remaja.
2.
Mengetahui
apa saja batasan-batasan yang harus dilakukan remaja terhadap media sosial.
D.
Manfaat
Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Manfaat
Praktis
Bagi penulis, manfaat praktis yang diharapkan adalah bahwa seluruh
tahapan penelitian serta hasil penelitian yang diperoleh dapat memperluas
wawasan dan sekaligus memperoleh pengetahuan empirik mengenai Pengaruh Media
Sosial Bagi Remaja. Bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan hasil
penelitian, penulis berharap manfaat hasil penelitian dapat diterima dan
bermanfaat.
2.
Manfaat
Akademis
Manfaat akademis yang diharapkan adalah bahwa hasil penelitian dapat
dijadikan rujukan bagi upaya untuk meminimalisasi pengaruh media sosial bagi
remaja. dan berguna juga untuk menjadi referensi bagi masyarakat yang melakukan
kajian terhadap pengaruh sosial media terhadap
remaja.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Kajian
Pustaka
1.
Media
Sosial
a.
Pengertian
Media Sosial
Media sosial (Social Media)
adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya
(internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi,
berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan
membangun jaringan (networking). Menurut Wikipedia, media
sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (users)
bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media
sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang
membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan
penciptaan dan pertukaran user-generatedcontent" (Kaplan, Andreas M.;
Michael Haenlein [2010] "Usersoftheworld, unite! The
challengesandopportunitiesofSocial Media". Business Horizons 53(1):
59–68).
Jejaring sosial merupakan situs
dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan
teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar
antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan
media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media
sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi
dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam
waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan
mobilephone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini
untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan
kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobilephone. Demikian cepatnya orang
bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap
arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia.
Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media
massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial
kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
b.
Ciri-ciri
Media Sosial
Media
sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
§
Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
§
Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
§
Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
§
Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
c.
Pertumbuhan
Media Sosial
Pesatnya
perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki
media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio,
atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain
halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan
media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun,
tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan.
Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi
baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model contentlainnya.
d.
Peran
dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat
promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga
jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat
diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara
terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial spertiblog,
facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan
lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur
dan selebaran.
e.
Kelebihan
Media Sosial
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media
konvensional, antara lain :
§
Kesederhanaan
Dalam
sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan
keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah
digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang
dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
§
Membangun
Hubungan
Sosial
media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan
pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback
langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak
dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
§
Jangkauan
Global
Media
tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya
sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan
informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga
memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan
memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
§
Terukur
Dengan
sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan
langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media
konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
f.
Fungsi
Media Sosial
Ketika kita
mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus
mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
§
Administrasi
Pengorganisasian
proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif
dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media
sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial.
Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat
yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
§
Mendengarkan
dan Belajar
Pembuatan
sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang
relevan dengan mereka.
§
Berpikir
dan Perencanaan
Dengan
melihat tahap 1 dan 2, bagaimananda akan tetap didepan pasar dan begaimananda
berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi
operasional hubungan pasar.
§
Pengukuran
Menetapkan
langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang
digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan
posisi dan hubungan pasar anda.
2.
Remaja
a.
Pengertian
Remaja
Remaja berasal
dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi
dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup
kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Pasa masa
ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk
golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang
dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994)bahwa masa
remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau
peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki
status anak.
Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004:
53) masa
remaja adalah peralihan dari masa anak dengan
masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa
dewasa. Masa
remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai
dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.
Sedangkan pengertian
remaja menurut Zakiah Darajat (1990:
23) adalah: masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam
masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun
perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun
cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.
Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26)bahwa adolescene diartikan
sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang
mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
Dari
pengertian remaja menurut
beberapa ahli dapat disimpulkan sebagaimana yang dipaparkan oleh Sri Rumini
& Siti Sundari, Zakiah Darajat, dan Santrock tersebut menggambarkan bahwa masa
remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak
dengan masa dewasa dengan rentang usia antara 12-22 tahun, dimana pada masa
tersebut terjadi proses pematangan baik itu pematangan fisik, maupun psikologis.
b.
Batasan Usia
Remaja
Batasan
usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah
antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan
atas tiga, yaitu 12 – 15 tahun = masa remaja awal, 15 – 18 tahun = masa remaja
pertengahan, dan 18 – 21 tahun = masa remaja akhir. Sedangkan menurut Monks,
Knoers, dan Haditono, masa remaja dibedakan menjadi empat bagian, yaitu masa
pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja
pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita,
2006: 192).
c.
Tahapan Masa
Remaja
Dalam
proses penyesuaian diri menuju kedewasaan, ada 3 tahap perkembangan remaja:
1)
Remaja awal
(earlyadolescent)
Seorang remaja pada tahap ini masih
terheran-heran akan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya sendiri dan
dorongan-dorongan yang menyertai perubahan-perubahan itu. Mereka mengembangkan
pikiran-pikiran baru, cepat tertarik pada lawan jenis, dan mudah terangsang
secara erotis. Dengan dipegang bahunya saja oleh lawan jenis ia sudah
berfantasi erotik. Kepekaan yang berlebih-lebihan ini ditambah dengan
berkurangnya kendali terhadap ego menyebabkan para remaja awal ini sulit
dimengerti dan dimengerti orang dewasa.
2)
Remaja madya
(middleadolescent)
Pada tahap ini remaja sangat membutuhkan
kawan-kawan. Ia senang kalau banyak teman yang mengakuinya. Ada kecenderungan
narsistis yaitu mencintai diri sendiri dengan menyukai teman-teman yang sama
dengan dirinya. selain itu, ia berada dalam kondisi kebingungan karena tidak
tahu memilih yang mana peka atau tidak peduli, ramai-ramai atau sendiri,
optimistis atau pesimistis, idealis atau materialis, dan sebagainya. Remajapria
harus membebaskan diri dari oedipuscomplex (perasaan cinta pada ibu sendiri
pada masa anak-anak) dengan mempererat hubungan dengan kawan-kawan.
3)
Remaja akhir
(lateadolescent)
Tahap ini adalah masa konsolidasi menuju
periode dewasa dan ditandai dengan pencapaian lima hal yaitu:
•
Minat yang
makin mantap terhadap fungsi-fungsi intelek.
•
Egonya mencari
kesempatan untuk bersatu dengan orang-orang lain dan dalam pengalaman-
pengalaman baru.
•
Terbentuk
identitas seksual yang tidak akan berubah lagi.
•
Egosentrisme
(terlalu memusatkan perhatian pada diri sendiri) diganti dengan keseimbangan
antara kepentingan diri sendiri dengan orang lain.
•
Tumbuh
”dinding” yang memisahkan diri pribadinya (privateself) dan masyarakat umum.
Berdasarkan
sifat dan ciri perkembangnya, masa (rentang waktu) remaja ada tiga tahap
menurut widyastuti (2009), yaitu:
1)
Masa remaja
awal (10-12 tahun)
·
Tampak dan
memang merasa lebih dekat dengan teman sebaya.
·
Tampak dan
merasa ingin bebas.
·
Tampak dan
memang lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya dan mulai berpikir dan
khayal (abstrak).
2)
Masa remaja
tengah (13-15 tahun)
·
Tampak dan
merasa ingin mencari identitas diri.
·
Adanya
keinginan untuk berkencan atau tertarik pada lawan jenis.
·
Timbul perasaan
cinta yang mendalam.
·
Mampu berfikir
abstrak (berkhayal) makin berkembang Berkhayal mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan seksual.
3)
Masa remaja
akhir (16-19 tahun)
·
Manampakkan
pengungkapan kebebasan diri.
·
Dalam mencari
teman sebaya lebih selektif.
·
Memiliki citra
(gambaran, keadaan, peranan) terhadap dirinya.
·
Dapat
mewujudkan persaan cinta.
·
Memiliki
kemampuan berfikir khayal atau abstrak.
d.
Ciri-Ciri
Perkembangan Remaja
Perkembangan
remaja terlihat pada ciri-ciri sebagai berikut (Widyastuti, 2009) :
1.
Perkembangan
Biologis
Perubahan fisik pada pubertas
merupakan hasil aktifitashormonaldibawah pengaruh sistem saraf pusat. Perubahan
fisik yang sangat jelas tampak pada pertumbuhan peningkatan fisik dan pada
penampakan serta perkembangan karakteristik seks sekunder.
2.
Perkembangan
Psikologis
Teori psikososial tradisional
menganggap bahwa kritis perkembangan pada masa remaja menghasilkan terbentuknya
identitas. Pada masa remaja mereka mulai melihat dirinya sebagai individu yang
lain.
3.
Perkembangan
Kognitif
Berfikir kognitif mencapai
puncaknya pada kemampuan berfikir abstrak. Remaja tidak lagi dibatasi dengan
kenyataan dan aktual yang merupakan ciri periode konkret, remaja juga
memerhatikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi.
4.
Perkembangan
Moral
Anak yang lebih muda hanya dapat
menerima keputusanatau sudut pandang orang dewasa, sedangkan remaja, untuk
memperoleh autonomi dari orang dewasa mereka harus menggantikan seperangkat
moral dan nilai mereka sendiri.
5.
Perkembangan
Spiritual
Remaja mampu memahami konsep
abstrak dan menginterpretasikan analogi serta simbol-simbol. Mereka mampu
berempati, berfilosofi dan berfikir secara logis.
6.
Perkembangan
Sosial
Remaja harus membebaskan diri
mereka dari dominasi keluarga dan menetapkan sebuah identitas yang mandiri dari
kewenangan keluarga. Masa remaja adalah masa dengan kemampuan bersosialisasi
yang kuat terhadap teman dekat dan teman sebaya.
B.
Kerangka
Berpikir
·
Pengaruh
Media Sosial Bagi Remaja
1.
Pengaruh
Positif :
1)
Remaja
dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat di
butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini.
2)
Memperluas
jaringan pertemanan dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang
lain di seluruh dunia.
3)
Memudahkan
dalam memperoleh informasi.Remaja menjadi mudah untuk memperoleh informasi yang
ada di internet karena adanya blog atau website.
4)
Memudahkan
remaja untuk sharing atau berbagi. Dengan adanya blog, remaja mudah berbagi
mengenai pengalaman hidupnya dan berbagai hal lainnya yaitu dengan
mempostingnya ke blog.
2.
Pengaruh
Negatif
1)
Menjadi
malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun
menjadi terganggu.
2)
Situs
jejaring sosial akan membuat remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka
menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan
menghabiskan waktu di internet.
3)
Menjadikan
seorang remaja menjadi malas belajar karena sering menggunakan jejaring sosial
untuk bermain game yang ada di situs tersebut.
4)
Semakin
maraknya penipuan, pencemaran nama baik/penggunaan, kejahatan penculikan remaja
putri, judi online dan kejahatan lainnya yang sangat marak terjadi akhir-akhir
ini.
5)
Media
sosial juga terkadang digunakan untuk bisnis prostitusi.
BAB
III
METODOLOGI
METODOLOGI
A.
Tempat dan Waktu Penelitian
Pengisian
kuisioner ini diambil pada:
Hari,
Tanggal : Kamis, 22 Desember 2016
Jumlah
sampel : 15
Remaja
Subjek
sampel : Pelajar tingkat SMP, SMA, dan MAHASISWA
B.
Populasi dan Sampel Penelitian
1.
Popolasi
Populasi dalam penelitian ini
termasuk populasi terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa
remaja dari tingkat SMP, SMA, dan MAHASISWA.
2.
Sampel
Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik sampel acak (random sampling), yaitu
teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan
sama untuk menjadi anggota sampel. dan teknk sampel terstratifikasi (stratified
sampling), yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan pada sampel
apabila terdiri atas beberapa tingkat. Pembagian sampel dari tiap-tiap
tingkatan mulai dari SMP, SMA, dan Mahasiswa sebagai berikut.
SMP = 5 orang
SMA = 5 orang
MAHASISWA = 5 orang
------------------------ +
Jumlah = 15 orang
C.
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian ini termasuk ke dalam Eksplanasi. Eksplanasi adalah tehnik
pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner.
D.
Sumber Data
Sumber
data kami adalah beberapa remaja mulai dari tingkat SMP, SMA, dan Mahasiswa yang
kami ambil sampel adalah 15 remaja.
E.
Teknik Pengumpulan Data
Data
primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian, seperti
data yang di peroleh dari angket/kuesioner yang dibagikan langsung dengan objek
penelitian.
F.
Teknik Analisis Data
Teknik
analisis data kuantitatif dilakukan melalui proses editing, coding, dan
tabulating.
BAB
IV
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Data dalam Bentuk Tabel
Dari populasi remaja yang berjumlah
15 orang dapat dihitung jumlah dan presentasi pada tiap-tiap soal angket.
Soal no. 1 : Apakah Anda pengguna media sosial (Facebook, BBM, Twitter, Path, Instagram, atau yang lainnya) ?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
5
|
5
|
5
|
100
%
|
TIDAK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
BISA
JADI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Soal no. 2 : Apakah media sosialpenting bagi Anda?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
3
|
2
|
3
|
53
%
|
TIDAK
|
-
|
1
|
-
|
7
%
|
BISA
JADI
|
2
|
2
|
2
|
40
%
|
Soal no. 3 : Apakah semua orang harus mempunyai media sosial?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
-
|
1
|
1
|
13
%
|
TIDAK
|
3
|
2
|
2
|
47
%
|
BISA
JADI
|
2
|
2
|
2
|
40
%
|
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
4
|
3
|
5
|
80
%
|
TIDAK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
BISA
JADI
|
1
|
2
|
-
|
20
%
|
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
3
|
1
|
2
|
40
%
|
TIDAK
|
-
|
2
|
-
|
13
%
|
BISA
JADI
|
2
|
2
|
3
|
47
%
|
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
3
|
2
|
4
|
60
%
|
TIDAK
|
2
|
2
|
-
|
27
%
|
BISA
JADI
|
-
|
1
|
1
|
13
%
|
Soal
no. 7 : Apakah Anda banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
3
|
1
|
2
|
40
%
|
TIDAK
|
1
|
1
|
2
|
27
%
|
BISA
JADI
|
1
|
3
|
1
|
33
%
|
Soal
no. 8 : Apakah Anda selalu melakukan aktifas anda sambil menggunakan media
sosial?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
1
|
-
|
1
|
13
%
|
TIDAK
|
2
|
3
|
4
|
60
%
|
BISA
JADI
|
2
|
2
|
-
|
27
%
|
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
2
|
2
|
2
|
40
%
|
TIDAK
|
1
|
3
|
1
|
33
%
|
BISA
JADI
|
2
|
-
|
2
|
27
%
|
Soal
no. 10 :Apakah Anda pernah berfikir untuk berhenti bermain media sosial?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
3
|
2
|
2
|
47
%
|
TIDAK
|
3
|
3
|
40
%
|
|
BISA
JADI
|
2
|
-
|
-
|
13
%
|
Soal
no. 11 : Apa Anda bisa
disebut sebagai pecandu media sosial?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
-
|
-
|
2
|
13 %
|
TIDAK
|
2
|
1
|
3
|
40
%
|
BISA
JADI
|
3
|
4
|
-
|
47
%
|
Soal
no. 12 :Apakah Anda merasa lebih
asik dengan media sosial dari pada kehidupan nyata?
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
YA
|
-
|
1
|
-
|
7
%
|
TIDAK
|
3
|
4
|
5
|
80
%
|
BISA
JADI
|
2
|
-
|
-
|
13
%
|
SMP
|
SMA
|
MAHASISWA
|
PRESENTASE
|
|
MENGHILANGKAN
KEJENUHAN
|
1
|
-
|
-
|
7
%
|
MENAMBAH
TEMAN
|
-
|
2
|
-
|
13
%
|
MENDAPATKAN
BERBAGAI INFORMASI
|
4
|
2
|
4
|
67
%
|
LAINNYA
|
-
|
1
|
1
|
13
%
|
Soal no. 14 : Apa dampak Positif yang Anda rasakan dari bermain media sosial? Berikan Penjelasan Anda!
1.
Bisa mengetahui isi dunia (informasi) dan tidak kudep. Setelah itu
kita bisa mengerti apa arti media sosialkarena
semua orang banyak mengambil sisinegatifnya padahal dia tidak tau sisi
positifnya - Cinta Felicia
Herrin, SMP Barunawati.
2.
Dapat menambah informasi yang bermanfaat - Dinda Anugerah, SMP Negeri 1.
3.
Mengetahui berbagai informasi dari dalam negri maupun luar negeri -
Milda Dwi Pangestu, SMP
Muhammadiyah 15.
4.
Menambah banyak teman dengan media sosial dan dapat berkomunikasi
dengan teman jauh / teman lama -Nanda Arief, SMP Negri 2.
5.
Lebih mudah dpt info lebih luas
- Siska Dwi
Ariyanti, SMP Muhammadiyah 15.
6.
Memperbanyak teman dan mendapatkan informasi - Abdillah Apriat Wijaya, SMK PAL
7.
Positifnya itu kita sebagai insan manusia ciptaan tuhan yang ga
sempurna/sering kali buat dosa, dri sosmed ini kita bisa stalker doi udah itu
aja fungsinya - Alex Gilang Suherman, SMK Barunawati.
8.
Dapat banyak teman dan otomatis dapat lebih banyak informasi dari
dunia luar - Nuril Fahmi, SMA Muhammadiyah 1.
9.
Bisa membantu siswa dan siswi untuk mencari informasi lebih cepat -
Tifanny Olivia, SMA Hang Tua 1.
10. Bisa mendapat informasi dari media sosial - Vinqi
Septiara, SMA Negeri 19.
11. Mendapatkan
banyak informasi sampai penjuru dunia, menambah teman, mengetahui sesuatu yang
baru, dan dapat komunikasi dengan teman lama - Chindira Safa, Universitas Airlangga.
12.
Mendapatkan informasi tentang dunia luar dengan cepat, dan
informasi yg didapat lebih luas, asalkan bisa menyaring informasi yang ada, dan
diambil manfaatnya - Cynthia Zain Dermayati, Universitas Widya Mandala.
13.
Dampaknya saya bisa mendapatkan uang dari sosial media dengan
berjualan online, menemukan dunia baru dengan berita yang nyatanya tak pernah
lagi menonton televisi karena yang isinya tidak ada yang bermanfaat dan
berpendidikan. Saya bisa dapatkan informasi apapun baik buruknya di media sosial.
Semua hal bisa ada - Novia Nur Permata Herrin, Universitas
STIESIA.
14.
Mengetahui dunia luar dan perkembangannya. Karena setiap orang
harus berkembang menjadi lebih baik seiring waktu - Safura Ajeng, Universitas
Airlangga Surabaya.
15.
Dijaman modern ini sangat penting untuk memiliki media sosial bagi
mahasiswa seperti google dimana dapat membantu saya untuk mencari informasi
dunia kedokteran yang sedang berkembang bukan hanya di negeri kita tapi di
negeri Singapura, Amerika, Jepang, dan sebagainya - Nindya Amalia, Universitas
Widya Mandala.
Soal
no. 15 : Apa dampak Negatif yang Anda
rasakan dari bermain media
sosial? Berikan Penjelasan Anda! **)
1.
Bisa merusak otak atau pola berfikir dan kita bisa menurun
rangkingnya semua orang selalu ambil dampak positifnya padahal tidak tau dampak
negatifnya- Cinta Felicia
Herrin, SMP Barunawati.
2. Membuat
kecanduan untuk remaja saat ini dan membuat remaja malas dalam hal belajar - Dinda Anugerah, SMP Negeri 1.
3. Sering lupa
waktu dan menghabiskan uang untuk membeli kuota internet - Milda Dwi Pangestu, SMP
Muhammadiyah 15.
4. Menampilkan
iklan konten dewasa (17++) dan bisa menyebabkan candu bagi remaja -Nanda Arief, SMP Negri 2.
5. Menganggu saat
belajar - Siska Dwi
Ariyanti, SMP Muhammadiyah 15.
6. Bisa membuat
kita lupa segalanya dan kecanduan - Abdillah Apriat Wijaya, SMK PAL
7. Sering lupa
waktu njer kamfret orang yahudi iku :v - Alex Gilang Suherman, SMK Barunawati.
8. Sering menghabiskan
uang untuk membeli kuota dan jika sudah sering menggunakan media sosial kalau
sehari tidak menggunakan rasanya susah - Nuril Fahmi, SMA Muhammadiyah 1.
9. Merusak otak
pelajar - Tifanny Olivia, SMA Hang Tua 1.
10. (tidak ada) - Vinqi Septiara, SMA Negeri 19.
11. Membuat orang
unsos, kurang respect dengan sekitar, tidak mempunyai attitude, bad
behavior, menghalalkan segala cara demi keeksisan semata, tidak bisa menghormati
orang yang lebih tua, judment everywhere- Chindira Safa, Universitas Airlangga.
12. Sedikit
menghabiskan waktu dan membuat diri jadi malas untuk melakukan hal-hal lain - Cynthia Zain Dermayati, Universitas
Widya Mandala.
13. Mudah
terpengaruh dengan perkataan orang lain yang belum tentu nyatanya dan susah
mengontrol apa yg seharusnya tidak baik untuk di cerna ataupun ditiru - Novia Nur Permata Herrin, Universitas
STIESIA.
14. Lupa waktu
karena orang yang nyaman dengan sosial media jika dia tidak bisa mengontrol
makan akan melupakan dunianya yang nyata - Safura Ajeng, Universitas Airlangga Surabaya.
15. Namun terkadang
sosial media sekarang sering disalahkan gunakan contohnya mendekatkan yang jauh
menjauhkan yang dekat - Nindya Amalia, Universitas Widya Mandala.
B.
Hasil
Data
Menurut hasil angket kami, didapatkan hasil data sebagai berikut :
Dari
seluruh sampel, 100 % responden menyatakan bahwa mereka mempunyai situs
jejaring sosial, 53 % dari responden tersebut menyatakan pentingnya untuk
mempunyai media sosial, 47 % menyatakan bahwa semua orang tidak harus mempunyai
media sosial dan 80 % sampel menyatakan media sosial membantu kehidupan dalam
bersosial. Dari 60 %responden,
hampir setiap hari membuka media sosial dengan kuantitas waktu tersendiri dalam
penggunaan porsi situs jejaring sosial, 40 % responden menyatakan banyak menghabiskan waktu untuk bermain
media sosial (47 % responden bisa disebut sebagai pecandu media sosial), 47 %
sampel menyatakan media sosial menganggu kegiatan belajar, 60 % sampel tidak
melakukan aktifitas sambil menggunakan media sosial, 40 % merasa bosan
menggunakan media sosial, 47 % pernah berfikir untuk berhenti bermain media
sosial, 80 % responden menyatakan mereka merasa lebih asik dengan kehidupan
nyata daripada media sosial. Ditinjau dari hal tersebut, terlihat bahwa
presentase seringnya membuka situs jejaring sosial oleh remaja masa kini masih
terasa cukup tinggi, sehingga hal tersebut pastilah mempunyai dampak tersendiri
bagi seorang pelajar.
C.
Kesimpulan Angket
Dari hasil penelitian diatas, pastilah
responden mempunyai dampak yang berbeda-beda yang akan didapatkannya dari situs
jejaring sosial tersebut. Berdasarkan angket kami yang selanjutnya, responden
menyatakan bahwa, 67 % responden menyatakan bahwa manfaat media sosial adalah
menambah berbagai informasi, 13 % menambah teman, 7 % menghilangkan kejenuhan,
dan 13 % lainnya.
1.
Pengaruh Positif
dan Negatif Media Sosial
Adapun pengaruh positif dari media sosial
sebagai berikut.
a)
Dapat menambah informasi yang lebih luas, asalkan bisa menyaring
informasi yang ada kemudian diambil manfaatnya.
b)
Mengetahui dunia luar dan perkembangannya. Karena setiap orang
harus berkembang menjadi lebih baik seiring waktu.
c)
Mengetahui sesuatu yang baru dari dalam negeri maupun luar negri
dengan cepat.
d)
Menambah banyak teman dengan sosial media dan dapat berkomunikasi
dengan teman jauh/teman lama.
e)
Bisa mendapatkan uang dari media sosial dengan cara berjualan
online.
f)
Menemukan dunia baru dengan berita yang nyatanya tak pernah lagi
menonton televisi karena yang isinya tidak ada yang bermanfaat dan
berpendidikan.
Adapun pengaruh negatif media
sosial adalah.
a)
Bisa merusak otak atau pola berfikir sehingga
prestasi menurun.
b)
Membuat kecanduan untuk remaja saat ini.
c)
Membuat remaja malas dalam hal belajar dan dapat Menganggu saat
belajar.
d)
Sering lupa waktu karena orang yang nyaman dengan sosial media jika
tidak bisa mengontrol kegiatannya maka
akan melupakan dunianya yang nyata.
e)
Menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota internet .
f)
Menampilkan iklan konten dewasa (17++) .
g)
Jika sudah sering menggunakan media sosial kalau sehari tidak
menggunakan rasanya susah .
h)
Membuat orang unsos, kurang respect dengan sekitar, tidak mempunyai
attitude, bad behavior, menghalalkan segala cara demi keeksisan
semata, tidak bisa menghormati orang yang lebih tua, judment everywhere.
i)
Mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain yang belum tentu
nyatanya dan susah mengontrol apa yg seharusnya tidak baik untuk di cerna
ataupun ditiru.
j)
Terkadang sosial media sekarang sering disalahkan gunakan contohnya
mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat.
2.
Batasan-batasan
Remaja Terhadap Sosial Media
Maraknya hal-hal negatif yang
terjadi di sosial media, yang menjadikan remaja sebagai korban utama dari
hal-hal negatif tersebut. Untuk itu semestinya para remaja dituntut untuk
mengetahui batasan-batasan dalam berkomunikasi di media sosial. Adapun
batasan-batasan remaja terhadap sosial media antara lain:
1)
Menggunakan
teknologi yang dikuasai untuk menjalin hubungan yang telah intents dengan teman
atau orang-ornag yang sebelumnya telah dikenal di dunia nyata.
2)
Ketika
berada didalam rumah sebaiknya mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan
memanfaatkan teknologi komunikasi seperti handphone, internet, dan lain-lain.
3)
Menghindari
mengakses situs porno atau mendowload konten-konten porno.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media sosial adalah saluran atau
sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna
media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling
berbagi dan membangun jaringan. Sedangakan
remaja adalah masa
peralihan dari masa anak-anak dengan masa dewasa dengan rentang usia antara
12-22 tahun, dimana pada masa tersebut terjadi proses pematangan baik itu
pematangan fisik, maupun psikologis.
Dari hasil penelitian diatas, pastilah
responden mempunyai dampak yang berbeda-beda yang akan didapatkannya dari situs
jejaring sosial tersebut. Berdasarkan angket kami yang selanjutnya, responden
menyatakan bahwa, 67 % responden menyatakan bahwa manfaat media sosial adalah
menambah berbagai informasi, 13 % menambah teman, 7 % menghilangkan kejenuhan,
dan 13 % lainnya. Adapun pengaruh positif dari media sosial adalah daapat menambah informasi yang lebih luas, menambah banyak teman
dengan sosial media, mendapatkan uang dari media sosial dengan cara berjualan
online, menemukan dunia baru dengan berita yang nyatanya tak pernah lagi
menonton televisi karena yang isinya tidak ada yang bermanfaat dan
berpendidikan, dan lain-lain. Adapun pengaruh negatif media
sosial, yaitu bisa merusak
otak atau pola berfikir sehingga prestasi menurun, membuat kecanduan dan malas dalam hal belajar dan dapat Menganggu
saat belajar, sering lupa waktu, menghabiskan banyak uang untuk membeli kuota
internet, menampilkan iklan konten dewasa (17++), dan lain-lain.
B.
Saran
Seperti yang telah kita ketahui, jejaring sosial memiliki dampak positif
dan negatif tersendiri dalam penggunaannya. Kita sebagai remaja, harus pandai-pandai dalam memilah-milah bagaimana penggunaan jejaring
sosial yang baik dan benar supaya kita tidak terjerumus ke hal-hal yang
negatif. Jejaring sosial harus dimanfaatkan secara baik dan benar. Apabila itu
dimanfaatkan dengan benar, maka banyak juga dampak positif yang bisa kita
dapat. Kita juga dapat mengatur pola kegiatan kita, sehingga dapat lebih bermanfaat
dan tidak membuang-buang waktu percuma dengan hal-hal yang kurang penting. Kita
sebagai seorang remaja memilikki tugas utama yaitu belajar. Oleh sebab itu,
kita tidak boleh meninggalkan tugas utama kita karena hal itu sangat bermanfaat
bagi kita di masa depan. Memang tidak ada larangan tertulis yang melarang kita
untuk mengakses atau bermain di jejaring sosial, namun alangkah baiknya jika
kita bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat. Orang tua seharusnya juga dapat
berperan aktif dalam menentukan masa depan kita. Orang tua dapat melakukan
pengawasan dan membimbing putra-putrinya dengan adanya dampak-dampak dari
jejaring sosial. Dengan adanya bimbingan dari orang tua maka akan mengurangi dampak-dampak negatif.
makasih author atas tulisannya
BalasHapusIya sama2. Trima kasih juga tlh membaca 😊
HapusKa kirim daftar pusaka nya dong
HapusKa kirim daftar pusaka nya dong
HapusKunjungi blog ku http://mahroesalie.blogspot.com dan http://liriklagunomor1.blogspot.com
BalasHapusDaftar pustaka nya gak ada ya ?
BalasHapusiya gak ada
Hapusijin Copy untuk tugas saya.ada beberapa bagian yang saya ambil.Terimakasih.
BalasHapusSama kak saya juga ijin copy untuk tugas proposal saya ehheh...😆😆😆
Hapusiya kak, daftar pustakanya ko gaada ya
BalasHapusiya, lupa gak aku masukin waktu itu
Hapusijin copy ya kak
BalasHapusIyaa
HapusKak kirim doonk daftar pustakanya
BalasHapusThanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, ternyata ada fakta menarik loh yang jarang terungkap ke permukaan. Katanya, media sosial itu bisa bikin seseorang jadi boros. Selengkapnya bisa temen-temen cek di sini: Media sosial bikin boros
BalasHapusijin untuk bahan tugas analisis ya kak
BalasHapusngah ada sumber atau daftar pustaka yah
BalasHapusdengan adanya dampak
BalasHapusVideo Bokep Indo | Nonton Film Bokep Gratis
Nonton Online Video Bokep Streaming
Nonton film bokep streaming terbaru di bokepindohot.pw dimana bisa mencari video bokep abg, film bokep smu, film bokep abg cantik, film cewe seksi, abg montok, bokep indo, bokep online, bokep smp, video bokep jilbab.
Siskaeee Paling Seksi
Siskaeee akun real tidak ada yang lain.
www.siskaeeepalingseksi.blogspot.com
#siskaeee
Barakallah fii umrik..
BalasHapusjazakallahu khairan..
kak ijin ya kak buat tugas proposal saya trimaksih kak:)
BalasHapusboleh tau gk dapat refresensi nya dimana kk
BalasHapusKak liat daftar Pustaka nya dongg
BalasHapusKk nggk ada daftar pustakanya???
BalasHapusPengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
BalasHapusSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------
Assalamu'alaykum warohmatullah Wabarokatu, kak izin lihat makalanya
HapusTerima kasih referensinya kak
BalasHapusIjin copas ka, ada beberapa materi yg cocok untuk skripsi saya
BalasHapusRagam Bahasa yang kakak gunakan apa?
BalasHapusterimakasih kakak artikelnya sangat bagus sangat membantu saya dalam belajar perkenalkan nama saya hafizzul akbar dari kampusISB Atma Luhur
BalasHapusYuk dibaca https://www.money.id/finance/wanita-sering-lakukan-kesalahan-finansial-ini-170728z.html
BalasHapusaku malu, setelah melihat isi blogger tapi tidak berterima kasih, so Terima kasih, untuk semuanya
BalasHapusTerimakasih ya kak untuk artikelnya, sangat membantu saya dalam belajar. SEMANGAT KAK untuk terus nulis artikel lainnya.
BalasHapusartikel yang bagus... izin copy ya
BalasHapusAyo cepat daftar situs judi slot online terpercaya dan terlengkap di Flexi88.
BalasHapusShiotogel adalah situs togel keluaran hk dan keluaran sgp paling lengkap dan paling cepat hari ini.
BalasHapusPelajaran dan pendidikan akhlak sangat penting bagi pelajar muslim di seluruh Indonesia. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
BalasHapusDampak sosial media pengertian husnuzan, tawaduk, tasamuh dan ta'awun Ufa Bunga SMartphone
Watch and Download world's famous drama series Kurulus Osman in English on link below
BalasHapus👇
Kurulus Osman in English
📢Get high quality backlinks for your
Website with BacklinksIndexer
BacklinksIndexer
Crypto trading online course
Join on link below
Crypto quantum leap
📒 Read Home doctor book online
Then you will be a doctor for your family
Home Doctor Book
Join online YouTube course
And be a professional YouTuber
Tube Mastery and Monetization by matt
Steel Bite Pro
Best product for
Teeth pain, cavities,teeth whitening and other oral health issues with money back guarantee
🦷
Steel Bite Pro