Jumat, 06 Desember 2013

KESEHATAN FISIK DAN PSIKIS


KESEHATAN FISIK DAN PSIKIS
BAGI ANAK REMAJA


 

1. Pengertian Kesehatan
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Wikipedia).
Sedangkan Pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”.
Dalam undang-undang no 9 tahun 1960 bab 1 pasal 2 menyebutkan bahwa kesehatan meliputi kesehatan badan, rohani (mental), sosial dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.
2. Pengertian Kesehatan Psikis atau Mental  
Kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai usianya, baik tuntutan dalam diri sendiri maupun dari luar dirinya sendiri, seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan dan masyarakat, serta teman sebaya.
Kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi mental yang sejahtera (mental wellbeing) yang memungkinkan hidup harmonis dan produktif, sebagai bagian yang utuh dan kualitas hidup seseorang dengan memperhatikan semua segi kehidupan manusia.
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian kesehatan mental dari para ahli, yaitu sebagai berikut:
  1. Hadfield menyatakan bahwa, kesehatan mental adalah upaya memelihara mental yang sehat dan mencegah agar mental tidak sakit.
  2. Alexander Schneiders menyatakan bahwa, kesehatan mental adalah suatu seni yang praktis dalam mengembangkan dan menggunakan prinsip-prinsip yang berhubungan dengan kesehatan mental dan penyesuaian diri, serta pencegahan dari gangguan-gangguan psikologis.
  3. Carl Witherington menyatakan bahwa, kesehatan mental adalah ilmu pemeliharaan kesehatan mental atau sisitem tentang prinsip, metode, dan teknik dalam mengembangkan mental yang sehat.
3. Pengertian Kesehatan Fisik
Kesehatan fisik adalah keadaa baik, artinya bebas dari sakit, seluruh badan serta bagian-bagiannya.
Kesehatan fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak mengalami gangguan.

4. Cara Menjaga Kesehatan Psikis

1.  Menerima Dan Menghargai Diri Sendiri
Setiap individu itu berbeda dan unik, namun satu hal yang sama adalah tidak ada individu yang sempurna. Hargai diri kita sendiri. Kenali dan terima kelemahan yang kita miliki, namun fokuslah pada hal-hal yang menjadi kelebihan kita.  Bersikaplah lebih realistis terhadap hal-hal yang masih ingin kita ubah dalam diri kita. Jika hal tersebut dapat diubah, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan.
  
2.  Menjaga Hubungan Baik
Tidak perlu berjuang sendirian saat kita menghadapi suatu masalah. Hubungan keluarga dan teman yang baik dapat membantu mengatasi tekanan dalam hidup karena dapat memberikan masukan serta membuat kita merasa diperhatikan. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan selalu bertukar kabar lewat telepon, bertemu, dan saling bercerita.

3.   Aktif Berkegiatan
Aktiflah bertemu dengan banyak orang dan tergabung dalam kegiatan baru di lingkungan. Masuklah dalam komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman, atau ikuti kursus yang dapat membantu kita untuk merasa lebih baik.
Ikut kegiatan yang bertujuan membantu orang lain juga dapat membuat kita merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga. Hal ini membuat kepercayaan diri semakin meningkat. Aktivitas seperti ini juga membantu kita melihat dunia dari pandangan yang berbeda sehingga membantu melihat masalah dari sudut pandang yang lain. 

4.  Bercerita Kepada Orang Lain
Bercerita mengenai perasaan yang dirasakan bukan menandakan bahwa kita lemah, tetapi merupakan bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan mental. Didengarkan oleh orang lain membuat kita merasa didukung dan tidak sendirian. Mungkin awalnya sulit, namun jika terus dilakukan maka akan terbiasa. Oleh karena itu, carilah orang yang anda bisa ajak berbicara dengan santai dan kemukakan apa yang ada di kepala anda.
5.  Aktif Bergerak
Temukan olahraga yang kita sukai dan mulai lakukan. Latihan pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kita merasa  lebih baik. Oleh karena itu, olah raga teratur dapat membuat kita merasa lebih positif, membantu konsentrasi, tidur, serta membuat kita merasa dan terlihat lebih baik. 
 Bergerak tidak harus dengan olahraga, namun dapat dilakukan melalui kegiatan lain seperti berjalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Lakukan selama minimal 30 menit, 3 – 5 kali seminggu.

6.  Lakukan Kegiatan Yang Dikuasai
Melakukan aktivitas yang kita sukai dan minati dapat membantu mengatasi tekanan. Aktivitas yang disukai adalah aktivitas yang kita kuasai dan dapat membantu kita  semakin percaya diri serta mengatasi emosi yang kita rasakan. Berkebun, memasak, melukis, bermain musik, berolah raga merupakan contoh aktivitas yang dapat membantu kita mengekspresikan diri. Cari aktivitas yang dapat membantu anda. 

7.  Istirahat         
Jika terlalu banyak kegiatan ternyata membuat kita tertekan, maka carilah waktu untuk istirahat dan santai. Dengarkan tubuh kita sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Selain itu lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film, atau mencoba kegiatan baru yang menyenangkan. Anda juga juga dapat melakukan pengaturan pernapasan, yoga, atau meditasi. Menggunakan waktu 10 menit untuk istirahat dalam satu hari yang sibuk akan membantu kita mengatasi tekanan dengan lebih baik. 


8.  Konsumsi Makanan Dan Minuman Sehat
Otak kita membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, seperti organ yang ada di dalam tubuh kita. Melakukan diet yang seimbang dapat membantu kesehatan mental kita karena dapat membantu cara berpikir dan cara kita merasakan sesuatu. Cobalah untuk mengkonsumsi 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari serta minum air putih. Minimalisir konsumsi minuman berkafein, berkadar gula tinggi, dan alkohol.           Hindari makan, minum alkohol, merokok, dan menggunakan obat-obat terlarang untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi perasaan tidak menyenangkan yang kita alami. Hal seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru sebaliknya akan menciptakan masalah baru.  

9.  Minta Bantuan 
Terkadang kita merasa lelah atau kewalahan saat sesuatu yang buruk terjadi. Saat masalah sudah mulai berlebihan dan anda merasa tidak dapat mengatasi, mintalah bantuan. Keluarga dan teman merupakan lingkungan terdekat yang dapat mendengarkan masalah anda. Selain itu anda juga dapat berdoa atau sembahyang.
Jika anda mengalami masalah fisik, pergilah ke dokter. Begitu juga jika anda merasa memiliki masalah psikologis,  anda dapat berkonsultasi pada psikolog, psikiater, pemuka agama. Jangan malu untuk meminta pertolongan para ahli demi kesehatan mental yang baik. Setiap orang memerlukan bantuan dari waktu ke waktu dan tidak ada yang salah dari meminta bantuan. Kenyataannya, meminta bantuan merupakan tanda adanya kekuatan personal. 

10.   Rencana Hidup
          Ada baiknya kita selalu fokus pada tujuan hidup dan tetap tenang dalam menjalani hidup. Ada baiknya ada melakukan perencanaan dengan menulis tujuan-tujuan hidup baik, tujuan yang ingin dicapai dalam per-hari, per-minggu, per-tahun, maupun jangka panjang di masa depan. Dalam perencanaan ini, Anda dapat membuat daftar prioritas dan coba untuk mencapainya satu per satu. Tetapi ingat sebaiknya apa yang hendak diraih adalah hal yang realistis.



11. Mendengarkan  Musik
          Dengarkanlah musik-musik yang dapat membuat Anda rileks dan dapat mengurangi stres. Musik-musik yang tenang ini bisa didengarkan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

12. Berolahraga
          Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga mental. Berolahraga dapat meningkatkan endorphins, serotonin, dan dopamine pada tubuh yang dapat memberikan perasaan senang dan tenang. Zat-zat tersebut juga dapat mengatur perasaan gelisah, stres, dan depresi.

13. Relaksasi
          Ketika pikiran kita didominasi dengan masalah yang terjadi di masa lalu atau kekhawatiran menghadapi masa depan, maka akan tercipta kekhawatiran yang berlebihan. Jika mental Anda dalam keadaan sehat, maka Anda akan mudah untuk menenangkan pikiran Anda dan konsentrasi pada apa yang dikerjakan. Anda dapat melatih meditasi untuk mengistirahatkan pikiran Anda dan membantunya untuk fokus terhadap apa yang sedang terjadi.

14. Berekspresi
          Memendam emosi sama halnya dengan membiarkan penyakit memburuk tanpa diobati. Emosi yang terpendam dapat memberikan dampak buruk terhadap fisik dan mental. Jika Anda tidak dapat membicarakan apa yang Anda rasakan atau tidak tahu bagaimana membicarakannya, cobalah untuk mencari cara lain untuk mengekspresikan perasaan Anda dan mengeluarkan emosi Anda.


15. Memiliki Semangat Dan Motivasi

16. Berkontribusi
       Dengan berbuat hal baik kepada orang lain, maka hal itu akan bermanfaat ke Anda juga. saat ini, begitu penting untuk membantu tetangga, bekerja di kebun bersama masyarakat, atau kerja bakti di area kompleks rumah.

17. Tekun Beribadah Dan Berakhlak Mulia
18. Bersikap Sportif Dalam Segala Kegiatan
19. Percaya Diri
20. Tidak Takut Menghadapi Tantangan Dan Berusaha Terus Untuk Mengatasinya serta Tenang Dan Tidak Emosi Jika Menghadapi Masalah
21. Hindari Pergaulan Yang Menjerumus, Sikap Yang Jujur, Serta Memiliki Sikap Tolong Menolong.
22. Banyak Bergaul Dan Bermasyarakat
          Mengembangkan dan memelihara hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar akan mendukung dan memperkaya hidup Anda. Kualitas hubungan pribadi kita memiliki efek besar pada kesejahteraan kita. Dengan membangun hubungan yang kuat maka dapat membawa manfaat yang besar bagi kehidupan.
23. Bangun Komunikasi Yang Baik Teman,Guru Dan Orang Tua
24. Banyak Latihan Mengendaliakan Diri,Seperti Tidak Pemarah,Tidak Cemas, Berfikir Positif , Mudah Memafkan
          Selalu memikirkan hal-hal negatif adalah cara yang ampuh untuk menenggelamkan diri Anda ke dalam masalah. Pemikiran Anda tidak hanya berpengaruh pada perlakuan Anda terhadap diri sendiri, tetapi juga terhadap orang lain. Hanya fokus pada sisi negatif hanya akan membuat Anda merasakan hal yang buruk terhadap sebuah situasi dan diri sendiri. Mengatasi gangguan kesehatan mental. Jadi, berpikirlah positif selalu.

25. Membiasakan Diri Untuk Selalu Peduli Terhadap Lingkungan

5. Cara Menjaga Kesehatan Fisik
1.  Berolahraga
Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah dan mengobati depresi daripada obat-obatan. Olahraga penting untuk kesehatan minimal 2 kali seminggu berolahraga dari jalan kaki atau olahraga lainnya yang penting bisa untuk menjaga kesehatan.

2.  Tidur Yang Cukup
Sebaiknya menyediakan waktu untuk tidur, yaitu antara 6 sampai 8 jam. Tidurlah 1 jam pada siang hari untuk istirahat bila tidak ada kegiatan sekolah, atau kegiatan yang lain

3.  Tidak Belajar semalam suntuk
Belajar semalam suntuk dapat menyebabkan sakit, sebab tubuh tidak diberi kesempatan untuk istirahat.

4.  Ekspresikan Cinta
 Memberi dan mendapatkan cinta kasih membuat hidup kita bahagia. Mencurahkan cinta kasih kepada keluarga, kerabat dan orang lain adalah kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup kita lebih bermakna dan kehadiran kita diharapkan.
5.    Kurangi Menonton Televisi, Film dan Video/Online Game.
Menonton televisi, film atau bermain game berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga, dan game dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respon emosi kita.
 Setelah melihat begitu banyak kekerasan, kita bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Kilasan iklan televisi juga dapat menyebabkan indera dan otak kita overload dan kelelahan.
Banyak film yang menghibur, tetapi ada juga yang membangkitkan emosi negatif bagi sebagian orang. Bagi orang yang sensitif atau pernah mengalami semacam trauma dalam hidupnya, mengurangi waktu dan intensitas menonton tayangan yang memicu emosinya akan membantu menjaga keseimbangan jiwa.
Fokuslah pada hal-hal positif. Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi. Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan kita bisa lebih selektif. Cobalah menghindari tayangan kekerasan atau sensasional, pilihlah hanya program-program televisi dan film yang positif.


6.    Mengapresiasi Dan Membuat Karya Seni
Menikmati seni lukis, seni fotografi, seni musik, seni tari dan bentuk-bentuk kesenian lainnya bisa menjadi stabilisator mood alami dan bermanfaat menyegarkan pikiran. Menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati orang juga membantu seseorang untuk membangun harga diri, sesuatu yang penting bagi kesehatan mentalnya.
Cobalah mendengarkan musik yang lembut. Banyak musik hingar bingar yang justru dapat mengakibatkan kelebihan beban mental. Banyak pula jenis musik yang dapat mendatangkan perasaan tertekan atau hampa. Musik yang lembut dan merdu dapat menyeimbangkan proses kimiawi di otak kita.
7.    Beribadah
Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.
8.    Rekreasi Di Luar Rumah
Cobalah untuk menjauhi rutinitas dengan menghabiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin, dan menenangkan pikiran kita, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.
9.    Hindari Mengisolasi Diri
            Menjadi bagian dari komunitas yang saling memberikan dukungan dan bertemu secara teratur dapat sangat membantu kita melewati krisis dan tetap positif.
10.  Menjaga Keseimbangan Diet Makanan
Diet dapat memperburuk gejala berbagai penyakit termasuk autisme, skizofrenia, depresi, kecemasan dan serangan panik. Makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan mental yang baik adalah buah dan sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak esensial, seperti ikan belida, tongkol, labu dan kacang-kacangan. Susu dan coklat juga dipercaya menimbulkan efek menenangkan pikiran.
11.  Hindari Pornografi
Rangsangan seksual pornografi dapat berkontribusi pada tumbuhnya kekosongan emosional yang dapat menyebabkan depresi, gangguan bipolar serta kesehatan mental lainnya. Hanya hubungan seksual dengan pasangan yang sah dan saling mengasihilah yang dapat mengisi kebutuhan fisik dan emosional kita.
12.   Lakukan Kegiatan Yang Membangun Rasa Percaya Diri
Belajar memainkan alat musik seperti piano atau biola, menguasai keterampilan bela diri, mendapatkan hadiah lomba, dll sangat membantu  anak-anak membangun rasa percaya diri.
Bila Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental, penting sekali untuk selalu menjaga sikap positif dan tidak menyerah. Jangan mencaci-maki atau mengolok-olok yang membuatnya merasa rendah diri dan mengekalkan perasaan membenci diri sendiri. Hal ini juga berlaku bagi mereka dengan kecenderungan gangguan pola makan. Tunjukkan cinta dan pengertian kepada mereka.
13. Jaga Pikiran Selalu Aktif Dengan Membaca
Membaca bisa menjadi kegiatan penguatan mental, terutama jika kita fokus pada bacaan yang positif. Berlangganan beberapa majalah atau membeli buku-buku biografi yang mendidik bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.
14. Jadilah Pribadi Yang Lebih Terorganisir
Hindari menunda-nunda pekerjaan, dan bersihkan dan tatalah harta benda Anda. Singkirkan kekacauan. Buang barang-barang yang tidak terpakai, selesaikan atau delegasikan pekerjaan yang menggantung, dan bila perlu, mintalah bantuan orang lain untuk menyelesaikan PR-PR Anda.
15. Selalu Berfikir Positif
Langkah menjaga kesehatan badan adalah selalu berfikir positif karna di dalam tubuh sehat ada jiwa yang sehat,di dalam jiwa yang sehat ada pikiran yang sehat pula. ayo mulai sekarang selalu berfikir positif agar badan kita selalu sehat.
16. Makan Makanan Yang Sehat Secara Teratur
langkah dalam cara menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga pola makan,makanan haruns mengandung protein, vitamin, karbohidrat yang terkandung dalam empat sehat lima sempurna.


17.   Menjaga Kebersihan
Jangan lupa untuk menjaga kebersihan karna kebersihan pangkal sehat. Menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri sampai lingkungan. Seperti: menjaga kebersihan tempat tidur, menjaga kebersihan badan, dan sebagainya.
18. Selalu  Berdoa
            Karna sehat itu millik allah maka kita di haruskan untuk selalu berdoa/memintanya kepada allah swt,dengan cara sholat.dengan sholat kita juga bergerak seperti olah raga gerkan sholat juga bisa membuat tubuh kita makin sehat,jadi jangan pernah meninggalkan sholat.
6. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan
1.    Air
Dalam kehidupan ini air adalah hal vital yang sangat di butuhkan oleh semua makhluk hidup termasuk kita manusia. Air adalah zat yang mendominasi tubuh kita. Kita juga di haruskan minum air 2.5 liter sehari. Sebaiknya air yang kita minum memenuhi standar kebersihannya dan juga mengandung banyak mineral yang di butuhkan tubuh kita. Air yang kotor dan tercemar akan mengakibatkan menurunnya kualitas kesehatan kita. Pastikan air yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari terbebas dari polusi dan bakteri.

2.    Udara
Udara juga sangat penting bagi semua makhluk hidup.Kita bernafas dengan udara yang mengandung oksigen yang berguna sebagai alat pembakaran dalam tubuh kita. Sekarang ini tingkat pencemaran udara sudah sangat memprihatinkan bagi kehidupan.Tiap hari kita yang tinggal di kota - kota besar selalu menghirup udara yang penuh dengan polusi, asap mobil, pabrik, asap rokok, yang semuanya sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghijaukan pekarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar, sebisa mungkin kurangi kegiatan di luar rumah yang tingkat pencemaran udaranya tinggi, seperti jalan raya.
3.    Makanan Dan Minuman
Setiap hari kita membutuhkan makanan dan minuman untuk memelihara kesehatan tubuh dan organ - organ kita. Pilihlah makanan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Sekarang ini banyak makanan yang siap saji yang mengandung bahan toksin yang berbahaya.seperti kolesterol,lemak jahat,dan bahan pewarna.Kita harus bisa memilih jenis makanan yang baik.

4.    Olahraga
Sering kali kita tidak menyempatkan diri untuk berolah raga. Padahal olah raga sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita. Dan juga yang tak kalah penting adalah keringat yang di hasilkan dengan kita berolah raga. Keringat yang mengucur akan membawa toksin (racun) melalui pori - pori tubuh kita. Badan akan terasa segar sehabis olah raga. Olah raga bisa di lakukan minimal 2 kali seminggu untuk menjaga agar badan tetap fit dan bersemangat.
5.    Emosi
Pengendalian emosi dan hidup dengan tenang tanpa beban pikiran. Setiap masalah kehidupan pasti ada jalan keluar penyelesaiannya. Sering berdoa dan pasrah pada yang Maha Kuasa serta sabar dalam menjalani kehidupan ini adalah membuat kita hidup dalam kenyamanan dan ketenangan. Hadapilah segala sesuatunya dengan hati tenang. Ingat, Anda tidak akan menemukan jalan terbaik jika hati Anda ditutupi dengan kemarahan.
6.    Istirahat dan Tidur
Tidur dan istirahat sehabis bekerja berguna untuk melemaskan otot - otot kita.Dalam sehari semalam kita butuh waktu untuk tidur lebih kurang 8 jam yakni sepertiga dari waktu sehari semalam.Kita juga bekerja sehari 8 jam. Saat kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, dari mulai peremajaan sel-sel sampai kepada pembuangan sejumlah toksin yang ada dalam tubuh. Jangan sepelekan tidur, tidur yang berkualitas tidak diukur dari lama atau tidaknya kita tertidur. Tidurlah dengan suasana hati yang tenang, maka ketika Anda bangun, Anda akan merasa segar.

7.    Gen Yang Kita Warisi Dari Orang Tua Kita
Orang lahir sempurna/ normal dan orang yang lahir dengan kekurangan fisik/ mental (Cacat). Apabila kita lahir termasuk dalam kategori kedua, kita harus berusaha memberikan makna kepada kehidupan yang diberikan kepada kita dan tidak mempertanyakan keadilan Tuhan. Namun pasti Tuhan menganugerahi kita dengan kemampuan lain untuk menutup kecacatan kita. Sedangkan, bagi kita yang lahir dengan sempurna, sudah merupakan keharusan kita untuk bersyukur dan hidup menyesuaikan diri dengan alam. Kita harus memperhatikan dan merawat tubuh yang lengkap agar tetap tumbuh sehat.

8.    Kebiasaan Yang Kita Lakukan Sehari-Hari.
Apabila kita mengembangkan kebiasaan yang bagus dari sejak awal, hal tersebut berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Sekali-kali atau dalam batas-batas tertentu untuk waktu yang lebih lama, kita bebas melakukan kebiasaan-kebiasaan harian. Namun, bagaimanapun juga sikap yang tidak berlebihan merupakan suatu keharusan agar benar-benar sehat. Tubuh kita memerlukan tidur, olah raga, dan rutinitas yang sehat dalam jumlah tertentu untuk mempertahankan kesejahteraannya.

9.    Sikap Dan Kualitas Pikiran Kita
Setiap pemikiran positif akan sangat berpengaruh, pikiran yang sehat dan bahagia semakin meningkatkan kesehatan tubuh kita. Tidak sulit memahami pengaruh dari pikiran terhadap kesehatan kita. Yang diperlukan hanyalah usaha mengembangkan sikap yang benar agar tercapai kesejahteraan.




Penutup

1. Kesimpulan

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Wikipedia). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”.
Kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi mental yang sejahtera (mental wellbeing) yang memungkinkan hidup harmonis dan produktif, sebagai bagian yang utuh dan kualitas hidup seseorang dengan memperhatikan semua segi kehidupan manusia.
Kesehatan fisik adalah keadaa baik, artinya bebas dari sakit, seluruh badan serta bagian-bagiannya.

2.  Saran
Semoga para pembaca mendapatkan manfaat setelah membaca makalah ini, dan apabila ada kesalahan kata dan penulisan kami mohon maaf. Untuk itu kami mengharapkan saran dari pembaca juga demi kesempurnaan makalah ini.




5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. saat membantu saya dalam menjelaskan kepada orang banyak,, thank you sir

    BalasHapus
  3. Mirisnya isu kesehatan mental masih melekat stigma negatif bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, jadi bagi yang mengalami penyakit mental merasa minder saat mau menggunakan layanan kesehatan mental. Tapi katanya dengan membaca artikel psikoedukasi secara intensif mampu menurunkan stigma sosial dan pribadi yang disematkan pada pengguna layanan kesehatan mental secara signifikan. Ini penelitiannya.

    BalasHapus