Sabtu, 03 Oktober 2015

PERTUMBUHAN EKONOMI



PERTUMBUHAN EKONOMI

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
Terdapat beberapa pengertian pertumbuhan dari beberapa ekonom, diantaranya:
1.       G. Bannock, R.E. Baxter dan R. Rees
Pertumbuhan adalah proses yang tetap dari kenaikan kapasitas produktif suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.
2.       Simon Kuznets
Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses yang evolusioner dan bersifat spesifik untuk setiap negara.
3.       Boediono
Pertumbuhan adalah proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.


Berdasarkan beberapa pengertian diatas, secara umum dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan perekonomian yang menunjukkan adanya kenaikan PDB (Produk Domestik Bruto) tanpa memandang apakah persentase kenaikan PDB tersebut lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk.
Indikator Pertumbuhan Ekonomi
Menurut M. Suparmako dan Maria R. Suparmako terdapat beberapa indikator yang bisa digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi.
1.       Produk domestik bruto (PDB)
PDB adalah jumlah barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam satu tahun dan dinyatakan dalam harga pasar. Meskipun PDB bisa digunakan sebagai indikator pertumbuhan ekonomi, PDB memiliki kelemahan dalam menunjukkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kelemahan tersebut adalah karena sifatnya yang global dan tidak dapat mencerminkan kesejahteraan penduduk yang sesungguhnya.
2.       PDB per kapita
PDB per kapita merupakan indikator pertumbuhan ekonomi yang lebih tepat karena memperhitungkan jumlah penduduk. PDB per kapita dapat diperoleh dengan rumus sebagai berikut: DB per kapita= (PDB tahun x)/(Jumlah penduduk tahun x)
3.       Pendapatan per jam kerja
Indikator ini merupakan indikator terbaik untuk menentukan pertumbuhan ekonomi. Suatu negara dapat dikatakan lebih maju dari negara lain apabila mempunyai upah per jam kerja lebih tinggi dibanding negara lain untuk jenis pekerjaan yang sama.
4.       Usia harapan hidup
Negara yang memiliki usia harapan hidup lebih tinggi dari negara lain dapat dikatakan bahwa negara tersebut lebih maju dibanding negara lain. Di kawasan Asia Pasifik, pertumbuhan ekonomi juga memperhatikan komponen seperti yang dikemukakan ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pasific), yaitu:
a)       Adanya penemuan sumber produksi baru.
b)       Membandingkan pendapatan nasional dari tahun ke tahun.
c)       Membandingkan tingkat konsumsi dan investasi dari tahun ke tahun.
Menghitung Pertumbuhan Ekonomi
Untuk menghitung pertumbuhan ekonomi di suatu negara, dapat digunakan rumus berikut:
pertumbuhan ekonomi tahun t= (PDBt-PDB(t-1))/PDB_(t-1) ×100%
dimana:
PDBt = nilai PDB pada tahun t
PDBt-1 = nilai PDB pada tahun sebelumnya

Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi memiliki arti yang berbeda dengan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi, sehingga walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi.
Perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:
1.       Pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada kenaikan PDB, sementara pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas.
2.       Pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan persentase kenaikan PDB terhadap jumlah penduduk, sementara pembangunan ekonomi memperhatikannya.
3.       Pertumbuhan ekonomi tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti oleh perubahan struktur ekonomi dan teknologi, sedangkan pembangunan ekonomi memperhatikannya.
4.       Pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat, sedangkan pembangunan ekonomi sangat memperhatikan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

1 komentar: