Jumat, 15 November 2019

TUGAS PEMASARAN LANJUTAN


TUGAS!
1.      Uraikan pasar potensial, pasar yang tersedia dan pasar yang dilayani dan berikan contoh !
·         Pasar Potensi (Potential Market).
            Pasar jenis ini dapat didefinisikan dengan sekumpulan orang (konsumen) yang memiliki tingkatan minat tertentu juga terhadap penawaran pasar tertentu. sebagai contoh, semua orang yang menyatakan keinginan (minatnya) untuk membeli sebuah mobil.
·         Pasar yang Tersedia (Available Markat).
            Dapat dikatakan sebagai sekumpulan konsumen yang memiliki minat, akses dan penghasilan terhadap pasar tertentu. Contohnya: dalam pasar seperti ini konsumen akan sanggup tahu dan memiliki kemampuan (daya beli) untuk membeli sebuah mobil. Selain itu hambatan dari akses juga dapat teratasi, itu artinya adalah bahwa mobil tersebut tersedia dalam wilayah konsumen tersebut.
·         Pasar yang Dilayani (Served Market atau Terget Market).
            Yaitu berupa pasar yang merupakan bagian dari pasar tersedia yang telah memenuhi persyaratan (qualified available market) yang ingin dimasuki oleh sebuah perusahaan. Sebagai contohnya adalah pada saat produsen mobil telah memutuskan untuk memusatkan perhatian pemasarannya dan distribusinya di Jakarta, maka Jakarta sudah menjadi pasar yang harus dilayani.


2.      Apakah tugas pokok seorang pemasar?
·       Merangsang dan menciptakan permintaan
·       Meningkatkan permintaan
·       Meningkatkan kepuasan konsumen
·       Menjadikan permintaan inelastis
Selain itu, tugas lain dari seorang pemasar sebagai berikut:                   
·       Tugas yang pertama adalah merencanakan produk.
                        Bagian marketing harus mampu merencanakan produk apa yang akan dipasarkan. Sebelum produk masuk ke pasar, sebaiknya bagian marketing mengamati keadaan pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan nantinya dapat laku dipasaran.
·       Menetapkan harga juga merupakan salah satu tugas bagian pemasaran.
                        Sebelum produk dipasarkan, cari tahu dulu kisaran harga yang laku di masyarakat. Setelah tahu harga rata-rata produk dipasaran, baru tentukan harga yang tepat untuk produk yang akan dikeluarkan perusahaan nanti. Cobalah untuk menetapkan harga yang sesuai atau mendekati harga rata-rata produk di pasar.
·       Merencanakan promosi.
                        Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi dapat berupa publikasi maupun pemberian bonus. Publikasi dapat melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Konsumen pada umumnya tertarik dengan adanya bonus. Pemberian bonus dapat berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi. Pemberian bonus sebaiknya dibatasi waktunya. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan.
·       Merencanakan proses distribusi.
               Bagian marketing harus mampu merencanakan proses distribusi, baik media yang digunakan, maupun waktu pendistribusian. Produk harus sampai di tangan konsumen pada waktu yang tepat. Konsumen akan merasa kecewa jika produk diinginkan ternyata tidak sesuai, karena masalah pendistribusian. Oleh sebab itu bagian marketing harus merencanakan proses pendistribusian dengan baik.
·       Tugas yang paling utama adalah pelayanan konsumen.
                        Tingkatkan pelayanan terhadap konsumen. Bangun citra baik perusahaan di hati konsumen. Jagalah hubungan baik dengan konsumen, agar konsumen tetap memilih produk Anda sebagai produk unggulannya. Sesekali, tanyakan kepada konsumen tentang keluhan yang dirasakan. Bantu konsumen mengatasi masalahnya.

3.      Uraikan proses meramal permintaan masa depan!
1.    Penentuan tujuan
                        Langkah pertama terdiri atas penetuan macam estimasi yang diinginkan. Analisis membicarakan dengan para pembuat keputusan untuk mengetahui apa-apa kebutuhan mereka dan menentukan:
a.       Variable-variabel apa yang akan diestimasi
b.      Siapa yang akan menggunakan hasil peramalan
c.       Untuk tujuan-tujuan apa hasil peramalan akan digunakan
d.      Estimasi jangka panjang atau jangka pendek yang diinginkan
e.       Derajat ketetapan estimasi yang diinginkan
f.       Kapan estimasi dibutuhkan
g.       Bagian-bagian peramalan yang diinginkan, seperti peramalan untuk kelompok pembeli, kelompok produk atau daerah geografis.
2.    Pengembangan model
                        Dalam peramalan, model adalah suatu kerangka analitik yang bila dimasukkan data masukan menghasilkan data estimasi penjualan di waktu mendatang.
  1. Pengujian model
                        Sebelum diterapkan, model biasanya diuji untuk menentukan tingkat akurasi, validitas, dan reliabilitas yang diharapkan. Dengan kata lain, pengujian model bermaksud untuk mengetahui validitas atau kemampuan prediksi secara logik suatu model.
  1. Penerapan model
            Setelah pengujian, analisis menerapkan model dalam tahap ini, data historik dimasukkan dalam model untuk menghasilkan suatu ramalan.
  1. Revisi dan evaluasi
            Ramalan-ramalan yang telah dibuat harus senantiasa diperbaiki dan ditinjau kembali. Perbaikan mungkin perlu dilakukan karena adanya perubahan-perubahan dalam perusahaan atau lingkungannya, seperti tingkat harga produk suatu perusahaan, karakteristik-karakteristik produk, pengeluaran-pengeluaran pengiklanan dan lain-lain.

4.        Berikan contoh permintaan pengukuran pasar berdasarkan wilayah!
                 Contohnya pada kasus antara jeruk medan dengan jeruk jawa (pacitan) yang berada di jakarta. Untuk jeruk medan harga ditingkat petani hanyalah sebesar Rp 4.000/kg dan ketika dijakarta harganya Rp 10.000/kg. Sementara untuk jeruk yang berasal dari jawa memiliki harga jauh lebih murah yaitu Rp 6.000/kg. Semakin jauh dari pusat-pusat grafitasi kegiatan ekonomi, semakin mahal harga barang dan jasa. Dari segi kualitas, jeruk medan lebih dikenal memiliki rasa yang manis dan harum. Sehingga untuk wilayah jakarta lebih menyukai jeruk medan meskipun harganya lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar